Andre Yoga: Bebasin Aja, Jangan Dibatasi

0
164
views
andre yoga

Andre Yoga, dua hal yang Mz ketahui mengenai nama tersebut: 1 tukang gambar dan 2 agak kocak otaknya. Karena itu Mz pengen banget ngepoin dia saat ini. Apa masih sehat atau udah ga sehat, ngobrol pun lalu dimulai.

Andre?
Ya, Mz, engken?

Gimana kabarmu ni?
Baik-baiklah, Mz! Makanya aku bisa sampe sekarang berkarya dan ngobrol sama Mz.

Sekarang lagi sibuk apa?
Sibuk mural nih, maklum aku artis yang haus berkarya, makanya sekarang lagi diundang ke Surabaya cuman buat mural aja.

Weh hebat kali qe nok, emang dari dulu suka mural ?
Sebenarnya ga suka mural sih! Tapi lumayan buat melatih kesabaran dari mural itu, soalnya mural dapat melatih kesabaran kita dalam menciptakan karya. Setelah jadi ada rasa kepuasan tersendiri yang kita dapet.

Terus, sebenarnya kamu suka gambar dari kapan?
Sukanya gambar dari TK sampai SMP sih, Mz! Cuma pas SMA tu aku terkena wabah pubertas jadi ABG deh, terus ga pernah gambar. Hingga kuliah baru balik ngambar lagi.

Emang sekarang kuliah dimana?
Aku kuliah di ISI, semester 8, jurusan Desain Komunikasi Visual alias DKV. DKV ya, bukan DKP.

Iya, DKV! Tau kok! Bakatnya kamu melukis siapa yang nurunin, bapak atau ibu?
Kebetulan bapak suka gambar dulu, suka sketch-sketch gitu sama liat lukisan karya orang. Tapi semenjak kena pengaruh sama Armada Racun, hidupnya beda, mungkin kurang kasi tirta pengentas.

Neh, konslet otaknya. Mungkin obatnya lupa diminum…

Nomong-ngomong soal gambar, aliran kamu apaan ni? Kan banyak tu aliran menggambar yang Mz lihat-lihat di media sosial, Ndre (Stinky)?
Kalo aku kayaknya sih alirannya pointilis alternative, Mz!
Tapi sebenarnya kalo masalah aliran itu cuman batasan atau pengingat identitas kita sih! Kalau aku yaa, gambar-gambar aja sebebas-bebasnya asalkan mood seneng langsung bikin-bikin aja.

Mantep! Btw pacar gimana nih?
Waduhhhhh… Lagi kosong aku nih Mz, lagi menjomblo. Cariin dong, Mz! Mz kan sering share-share cewe-cewe cakep. Yang mau diselingkuhin, juga gpp.

Makanya sini kapan-kapan nongkrong sama, Mz!
Agak serius lagi nih, kalau dari kamu memandang kreativitas Bali sekarang kayak gimana, Ndre (gile lu Ndre)?

Baguslah kreativitas di Bali lagi panas-panasnya, aktif gitu dan seruuu! Cuma harus dipilah apalagi yang di bidang jasa, karena aku kerja di bidang jasa, biar ga dimanfaatin oknum yang ga tepat, oknum rakus dan lain-lain. Bali punya banyak potensi soalnya, terutama karena pariwisatanya. Harus hati-hati biar ga di makan habis habisan. Kira-kira kurang lebih kayak gitu, Mz!

Wah ternyata si Andre Yoga juga agak kritis nih dan sadar kalau Bali lagi panasnya masalah isu lingkungan dan politik. Maklum kan bentar lagi pemilihan Gubernur baru jadi sebagai generasi muda harus melek informasi terhadap isu-isu yang berkembang.

andre yoga
Andre Yoga lagi gambar tembok. Kertasnya lagi habis.

Nah kalau menurut kamu seni itu kayak gimana sih?
Seni itu sesuatu yang luas dan bebas, dan bikin hati bergetar entah indah atau buruk. Kalo udah bergetar jeg metaksu be! 

Karya yang pernah kamu bikin paling berkesan yang mana sih?
Semuanya punya kesan masing-masing, tapi yang paling berkesan itu gambaran untuk cewekku dulu, soalnya gimana gitu pas gambarnya. Gambar pake hati, bukan pake pensil.

Lalu doi pun baper…

Nah impian yang ingin kamu capai saat ini apa?
Yang ingin aku capai semoga dilancarkan semua jadwal-jadwal pameran, kerjaan, kuliahnya, dan ingin bikin sebuah movement nih, yang sampe saat ini masih dalam tahap ide aja dulu dan rahasia. Uhuy!

Ada pesen ga buat para seniman di Bali?
Pesen-pesen buat seniman Bali:

  1. Uang bukan segalanya tapi segalanya perlu uang . Usahakan jangan jadi matrealistis , tapi kalau kepepet yaudah gp, hahahaha! Tapi jangan sampai uang jadi pembatas ide kita dalam berkarya. 
  2. Sebagai seniman memang sepantasnya kita harus peduli terhadap lingkungan dan keadaan sekitar agar ngga kecolongan.
  3. Buat seniman yang udah sukses ya setidaknya jangan sombong karena kita semua saudara. Tapi inget persaingan pasti tetap ada asalkan positif persaingan ide persaingan kualitas. Tetap mempromosikan antar satu seniman dengan seniman yang lain, karena berbagi itu indah.
  4. Jadilah kreatif.

Nah akhirnya jam menunjukan pukul 23.58 WITA dan Mz harus istirahat. Andre juga mau persiapan (Ini Talkshow) muralnya di Surabaya. Hal menarik dari seorang Andre Yoga adalah seniman yang bebas tanpa harus dibatasi dengan idealis aliran gambar masing-masing. Intinya apa yang ingin kamu gambar, mau apapun alirannya gambar saja. Satu hal lagi dari Andre Yoga, terus berproses, terus belajar, menggali ilmu sebanyak-banyaknya, terus menerima, terus buktikan, terus bagikan dan teruss kreatif sube jelas.

Comments

comments