Alit Samuh, Milih Jadi Petani Cantik Penuh Inovasi

526
views
alit samuh

Satu lagi nih, cewek tangguh asal Bali yang Mz kenal dengan murah senyumnya, bernama Ni Nyoman Alit Purwaningsih atau sapaan cakepnya bernama Alit Samuh. Katanya doi sih, “Samuh” itu artinya cantik, tapi yasudahlah, sukanya doi mau disebut apa, tapi yang jelas, kawan masa ababilnya si Luh De Dwijayanthi ini punya segudang kisah seru yang bikin kamu tertarik buat menggeluti dunia pertanian.

Awalnya sih liatin IG-nya doi @alitsamuh ternyata ini salah satu anak yang aktif banget dan seorang lulusan Pertanian Udayana. Langsung aja kepoin kesehatian si Alit ini. Doi ramah banget, kemana-mana semua orang disenyumin gitu tanpa terkecuali sama Mz yang baru ini.

Kesibukan doi sekarang lagi mengembangin usaha tanemannya, namanya Plantamory

alit samuh
Doi sukanya bisnis gitu deh

Jadi pas Mz nanyak setelah doi lulus dari bangku kuliah, doi ternyata lebih memilih untuk terjun ke dunia bisnis taneman imut yang didirikannya bernama Plantamory. “Kebetulan baru aja abis wisuda, mau fokus untuk kembangin usaha Plantamory dulu bareng soulmate” kata Alit.

Awalnya masuk Pertanian, karena salah masuk jurusan

alit samuh
Katanya sih gitu

Jadi, Alit ini mulai bercerita gimana awalnya doi salah masuk jurusan hingga terjerumus dijurusan ini.
“Sebenernya aku awalnya belum ada niat kuliah di pertanian, dan saat kuliah ngerasa salah jurusan. Ternyata semakin ke sini, semakin ngerasa salah jurusan tapi itu semacam salah jurusan ke jalan yg benar”. jelas Alit

“Iya aku yakin dan percaya aku sudah berada dijalan yang benar untuk menggeluti bidang pertanian. Mungkin bawaan dari orok juga ya, Bapak Ibu juga lulusan pertanian.” tambah Alit.

Ternyata keluarga doi juga dari dunia pertanian juga ya, makanya pepatah itu kadang ada benarnya, “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”.

Alit Samuh dan segudang prestasi yang pernah diraihnya, hingga pernah dapet kesempatan Go Japan

alit samuh
Doi mah sok bilag beruntung, padahal emang pinter aslinya

Emang udah nasibnya di pertanian, bikin Alit semangat buat menggeluti duni pertanian yang dimata orang kurang menarik digeluti, apalagi cewek ya. Gini penjelasan doi pas ngobrol bareng Mz

“Aku kuliah di pertanian merasa sangat beruntung. Banyak kesempatan, mulai kesempatan mengatur waktu antara kuliah dengan organisasi sampai punya kesempatan bisa ikut Program Winter Course di Ibaraki, Jepang” papar Alit

“Kesempatan lain juga bisa belajar untuk turun ke lapangan, ikut program kementerian pertanian. Beribu pengalaman didapat di sana. Sampe akhirnya bisa dapet reward Pendamping Terbaik dari kementerian di Yogyakarta. Kesempatan lainnya juga di tahun kemarin ikut Penas KTNA di Aceh. Suatu keberuntungan diajakin temen. Di sana bertemu dengan beribu-ribu petani di seluruh Indonesia” jelas Alit sambil senyum-senyum malu.

Enak banget kan jadi petani? Ga cuman menanam dan menanam aja, tetapi banyak sesuatu yang bakal menjadi sebuah peluang bisnis kalo kamu jeli melihat kesempatan di dunia pertanian, kayak Alit Samuh dan usaha Plantamory-nya saat ini.

Impian doi saat ini pengen bisa buka toko buat Plantamory-nya. Astungkara

alit samuh
Ini doi lagi pura-pura bertapa

Jadi, di tahun 2018 Alit pengen banget bikin sebuah toko buat usahanya dan harapannya semoga di tahun baru ini banyak dapet berkah deh hehe…

Silahkan kalo mau ngobrol sama doi, langsung aja follow IG-nya, tetep santai kamu bakalan dikasih semua tips-tips doi membangun bisnis tani biar bisa kayak doi. Karena sesuai dengan motto hidupnya doi ini “Impikan, Kerjakan, Hasilkan, Bagikan”. Alit ga bakalan pelit soal bagi-bagi ilmu, karena hidup lebih indah, kalo kita saling berbagi.

Comments

comments