Aksi Komunitas 1000 Guru

0
342
views

image

Komunitas 1000 Guru Bali telah menyelenggarakan kegiatan Traveling and Teaching pada tanggal 22-23 Agustus 2015 yang bersamaan dengan ulang tahun komunitas “1000 GURU” yang ke tiga tahun yang dirayakan dengan Traveling and Teaching serentak di 23 regional di seluruh Indonesia. Kegiatan kami di selenggarakan di SDN 03 Fillial Banjar Dinas Muntig kec.Kubu Karangasem , Bali.

Kegiatan tersebut cukup menarik perhatian semua golongan masyarakat termasuk seluruh pemuda pemudi untuk ikut serta dalam kegiatan peduli pendidikan daerah – daerah  pedalaman khususnya  untuk regional Bali. Kegiatan Traveling and Teaching adalah sebuah kegiatan yang dibuat oleh  tim pengurus 1000 Guru untuk menarik perhatian para sukarelawan agar berminat  memberikan sumbangsihnya dalam kegiatan mengajar sekaligus menjelajah pelosok Indonesia.

Tujuan kegiatan tersebut adalah bukan hanya sekedar menikmati keindahan daerah – daerah pedalaman Bali, tapi sekaligus untuk memberikan motivasi besar kepada seluruh adik –  adik di daerah pedalaman tersebut agar tidak putus sekolah ,selalu berusaha belajar dan berjuang demi mengejar cita –  cita yan mereka impikan. Disamping itu, kami memiliki kegiatan pengobatan gratis untuk para warga di sekitar desa tersebut yang ikuti oleh para sukarelawan.

Yang perlu masyarakat ketahui, kegiatan ini bukan hanya untuk kalangan yang hanya berprofesi sebagai guru saja yang dapat mengikuti kegiatan ini,tapi seluruh profesi pun dapat ikut serta dalam memberikan sumbangsihnya. Menariknya kegiatan ini sudah diikutsertakan oleh Koki , IT , Pramugari , Dokter ,  Apoteker , Bidan , MC , Wirausaha , bahkan para mahasiswa dan mahasiswi.

image (1)

Kegiatan Traveling and Teaching yang telah diselenggarakan tersebut telah terlaksana dengan baik. Kami beserta para sukarelawan yang hadir, menempuh perjalanan yang cukup jauh dari Denpasar menuju Desa Muntig kurang lebih 3 setengah jam. Sesampainya kami di desa tersebut, kami langsung menuju kesekolah SDN 03 Fillial Banjar Desa Muntig. Adik – adik para siswa siswi sekolah tersebut beserta warga sangat antusias menyambut kedatangan kami 1000 Guru Bali dan para sukarelawan. Kami langsung melakukan kegiatan Teaching yang diawali dengan perkenalan para sukarelawan dengan siswa siswi dan sambutan dari kepala sekolah SDN 03 Fillial Banjar Dinas Muntig oleh Bapak Pugir. Kemudian para siswa siswi masuk kedalam kelas sesuai dengan tingkatan kelas mereka untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru dari para sukarelawan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 jam dan di bagi dengan 2 sesi kegiatan indoor dan outdoor. Kegiatan di luar kelas seperti perlombaaan, bertepuk sambil bernyanyi dan sebagainya. Sedangkan untuk para warga sekitan dan para orang tua, bias memeriksa kesehatan mereka sekaligus mendapatkan pengobatan dari para dokter ahli yang ikut bergabung dalam kegiatan 1000 Guru Bali. Acara tersebut berlangsung hingga jam 5 sore.

Kemudian kami melakukan penyerahan donasi berupa alat tulis,sikat gigi dan pasta serta buku – buku ilmu pengetahuan untuk sekolah yang di simboliskan dengan sebuah Globe dan di berikan kepada kapala sekolah Bapak Pugir.

Pada malam hari, kami tim 1000 Guru Bali melanjutkan acara nonton bersama yang dihadiri oleh para siswa siswi , warga sekitar sekolah , orang tua murid bahkan wakil kepala dusun pun ikut meramaikan acara kami. Acara nonton tersebut mencakup film pendek mengenai pendidikan, budaya Indonesia ,  keanekaragaman Indonesia, cara hidup sehat , serta budaya Indonesia. Tak ketinggalan juga video kegiatan yang telah berlangsung dari pagi hingga sore hari pun kami tayangkan. Adik – adik sangat menikmati tontonan yang kami putar sambil memakan makanan ringan yang telah kami bagikan tersebut. Ketika para adik – adik dapat melihat wajah mereka pada layar didepan mereka, mereka bersorak riang gembira, tersenyum , menujuk wajahnya, tersipu malu bahkan tertawa sampai terbahak – bahak. Setelah acara nonton bersama berakhir, kami ,para sukarelawan beserta adik – adik yang ingin ikut menginap disekolah tidur bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan di pagi hari.

Pada pagi harinya, adik – adik yang ikut menginap tersebut diajak untuk mengikuti senam pagi yang dipimpin oleh salah satu tim panitia 1000 Guru Bali. Sambil menunggu matahari terbit, kami melakukan perpisahan kepada adik – adik tersebut dan memberikan pesan kami untuk tetap giat belajar agar meraka dapat meraih cita – cita yang mereka impikan.

Setelah acara tersebut, kami melanjutkan kegiatan Traveling dengan mengunjungi salah satu pantai terindah Bali di daerah karangasem yaitu Pantai Bias Tugel yang berdekatan dengan Pantai Padang Kurungan atau dikenal dengan nama Blue Lagoon. Sesuai dengan namanya , Bias tugel memang hanya sepotong pantai di tumor pulau Bali . Pantai tersebut memiliki kombinasi pasir putih dan laut kehijauan. Ditambah belum terlalu ramainya pantai tersebut, para sukarelawan bahkan para pengunjung dapat lebih menikmati keindahan pantai tersebut. Dengan adanya kubangan – kubangan dengan sisa air dan pasir yang di bawa ombak tersebut ,  banyak ikan – ikan kecil yang terjebak di antara karang sehingga banyak di sukai oleh para pengunjung. Di pantai tersebut, kami dan para sukarelawan makan pagi bersama dan dilanjutkan dengan berjalan –  jalan di sekitar pantai serta mengambil foto untuk di abadikan oleh para sukarelawan kami.

Seperti itulah kegiatan Traveling and Teaching yang kami selenggarakan. Harapan besar kami dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan sumbangsih yang baik untuk kemajuan pendidikan Indonesia khususnya pedalaman Bali. Dan dapat memberikan motivasi kepada para adik – adik di daerah pedalaman Bali agar tetap berjuang mengejar cita – cita mereka setinggi bintang di langit dan menjadi generasi penerus bangsa demi kemajuan Pendidikan Indonesia meuju kearah yang lebih baik.

Kunci sukses adalah belajar, usaha dan berdoa. Jangan pernah takut untuk gagal, karena sebuah kegagalan adalah kunci untuk mendapatkan kesuksesan besar yang ingin kita raih”– Anya —

 

Comments

comments

Previous articleYang mana duluan? Ayam atau telur?
Next articlePURI AGENG BLAHBATUH
Berbagi dimulai dari keikhlasan, jangan jadi orang lain tapi jadi lebih baik dari orang lain, penggemar mie-miean, Love SERINGAI dan sejenisnya lagi sibuk belajar out of the box
SHARE

LEAVE A REPLY