Ada-Ada Aja Kreatifitas Anak PlastikDetox Bali

90
views
plastikdetox bali

Sampah di Bali emang jadi masalah serius ya. Bagi sebagian anak muda emang nganggep masih bisa ditangani sama pemerintah, tapi ternyata itu salah. Pemerintah ga bakalan bisa sendirian menyelesaikan permasalahan sampah ini. Anak muda yang harusnya juga bergerak, kan anak muda agen perubahan.

Bener banget tu, apalagi sekarang di Bali banyak banget komunitas-komunitas yang peduli banget sama masalah sampah, salah satunya PlastikDetox Bali yang Mz kepoin saat mereka lagi asik memberikan edukasi tentang sampah plastik. Ga hanya Trash Stock aja nih, PlastikDetox Bali juga ga mau kalah kreatif juga, tapi mereka lebih mengedukasi untuk menggunakan bahan-bahan pengganti plastik dalam kehidupan sehari-hari.

plastikdetox bali
Asik nih kayaknya kalau gabung sama PlastikDetox Bali

Berdiri akhir tahun 2012, komunitas ini diawali dengan bertemunya orang-orang yang memiliki visi yang sama menuju Bali yang hijau dan bersih. Awalnya bernama Koalisi Bebas Sampah pada tahun 2012 yang membuat gerakan PlastikDetox. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini kemudian sepakat menamai diri sebagai PlastikDetox Bali.

Nah anggota dari komunitas ini ternyata adalah para pebisnis kafe, restoran, toko, hotel yang berkomitmen dalam mengurangi penggunaan plastik dalam menjalankan bisnisnya. Wah keren juga yaa pebisnis yang tetap utamain menjaga lingkungan daripada hanya mengejar untung saja.

Udah pasti Luh De Dwi Jayanthi dan kawan-kawan bikin komunitas ini dengan tujuan ingin mengurangi penggunaan plastik untuk menekan penggunaan plastik, seperti tas kresek, sedotan plastik. “Tas kresek bisa diganti dengan reusable bag seperti kain, dan recycle bag, seperti tas kertas dan tas koran bekas. Begitu juga sedotan plastik, ganti saja pakai sendok stainless. Jika sangat butuh sedotan, bisa pakai sedotan dari bahan ramah lingkungan seperti sedotan bamboo, sedotan sereh, kertas, kaca dan stainless steel” kata Luh De Dwi Jayanthi.

Kegiatan yang udah dilakukan sama PlastikDetox Bali, yaitu mereka kerja sama dengan Sunday Market Sanur dan Mercure Resort Sanur untuk mengajak masyarakat jadi volunteer dari komunitas ini. Seru pastinya, kamu bakalan dapat teman sekaligus ilmu baru disini deh. Mz jamin habis ini kamu pasti ga mau pake plastik terus-terusan.

plastikdetox bali
Mereka lagi merencanakan sesuatu Pastinya masalah penggunaan plastik

Nah harapannya sih biar para pelaku bisnis banyak yang mau gabung untuk membantu menyuarakan edukasi mengurangi pemakaian plastik untuk Bali yang makin bersih. Buat kamu yang ngebet banget untuk gabung bisa langsung ngobrol sama temennya Mz Luh De Dwi Jayanthi atau cari aja di  Facebook PlastikDetox Bali.

 

 

Comments

comments