3 Hal Yang Sebaiknya Nggak Kamu Lakuin Saat Siwa Ratri

0
199
views
Siwa Ratri

Hari Siwaratri merupakan momen yang sangat tepat untuk merenung dan mengendalikan diri. Pada hari suci penuh pengampunan itu, umat Hindu diajak untuk bisa mengekang hawa nafsu dan keinginan yang bersifat duniawi. Trus apa aja sih hal-hal yang nggak boleh kamu lakuin saat Siwa Ratri.

NGOMONG
Kamu bener-bener nggak boleh ngomong, istilahnya itu melakukan Mona Brata. Masbrooo saranin buat pergi ke hutan atau ke tempat yang jauh dari keramaian. Tapi kalo dikehidupan modern saat ini pasti agak sulit dilakuin sih, intinya cukup dengan mengurangi penggunaan kata-kata yang bersifat negative ke orang lain.

MAKAN dan MINUM
Kamu harus puasa selama 24 jam penuh. Bisa nggak? Bisa aja kalo memang mau. Tapi untuk kehidupan saat ini konsepnya jangan berlebihan. Makan dan minum secukupnya aja, jangan sekali makan bisa sampe 2-3 bungkus gitu, kan masih banyak saudara kita yang kekurangan. Berbagilah.

TIDUR
Kamu nggak boleh tidur, harus melek terus. Pasti ada yang kuat, tapi kalo sambil main DoTA atau nonton film ya percuma aja. Bang Roma kan udah bilang, jangan begadang kalo emang ngga ada artinya. Begadang yang efektif, intinya melakukan hal yang berguna kayak diskusi gitu kek sama temen tentang ilmu pengetahuan, kan bagus toh.

Kalo Mz sih bakal ngelakuin sebisa Mz aja, nggak ada manusia yang sempurna, gaes!

Comments

comments

LEAVE A REPLY